Sejarah Game Valorant Dari Awal Hingga Kini

Sejarah Game Valorant Dari Awal Hingga Kini

Valorant adalah game first-person shooter taktis yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Riot Games. Game ini telah mendapatkan popularitas besar sejak rilisnya dan menjadi salah satu game kompetitif utama di dunia eSports. Berikut adalah sejarah dan perkembangannya dari awal hingga kini:

Awal Pengembangan dan Pengumuman

Latar Belakang dan Konsep

  • Riot Games: Dikenal terutama karena kesuksesan besar League of Legends, Riot Games memutuskan untuk memperluas portofolio game mereka dengan mengembangkan game FPS taktis.
  • Proyek A: Valorant awalnya dikenal sebagai “Proyek A” dan diumumkan pertama kali pada Oktober 2019 dalam perayaan 10 tahun League of Legends.

Pengembangan

  • Tim Pengembang: Riot Games membentuk tim pengembang yang berpengalaman, termasuk veteran dari industri game FPS. Mereka fokus pada kombinasi elemen taktis dari game seperti Counter-Strike dan Overwatch, dengan penekanan pada akurasi, taktik, dan kemampuan unik setiap karakter.
  • Pengujian dan Feedback: Riot Games melakukan berbagai fase pengujian internal¬†sugar rush dan eksternal untuk memastikan game ini seimbang dan menarik bagi pemain kompetitif.

Peluncuran dan Tahun-Tahun Awal (2020-2022)

Beta Tertutup

  • Closed Beta: Pada April 2020, Valorant memasuki fase closed beta yang sangat dinanti-nantikan. Akses terbatas ini diberikan kepada pemain melalui distribusi kunci beta di Twitch, yang membantu meningkatkan eksposur game melalui streaming.
  • Respon Positif: Closed beta mendapat respon yang sangat positif dari komunitas game, dengan pujian terhadap gameplay taktis, desain peta, dan sistem senjata.

Peluncuran Resmi

  • Rilis Global: Valorant resmi dirilis pada 2 Juni 2020. Game ini tersedia secara gratis dengan model bisnis free-to-play yang didukung oleh mikrotransaksi kosmetik.
  • Episode dan Act: Riot Games membagi pengembangan konten Valorant ke dalam “Episode” dan “Act,” dengan setiap Act memperkenalkan konten baru seperti agen, peta, dan fitur-fitur lainnya.

Ekspansi dan Peningkatan (2022-sekarang)

Pembaruan Berkala

  • Agen Baru: Setiap Act biasanya memperkenalkan agen baru dengan kemampuan unik yang menambah variasi dan strategi dalam gameplay.
  • Peta Baru: Selain agen, peta baru juga ditambahkan untuk menjaga variasi dan dinamika permainan.
  • Perbaikan dan Penyeimbangan: Riot Games secara teratur merilis pembaruan untuk memperbaiki bug, menyeimbangkan kemampuan agen, dan mengoptimalkan performa game.

Ekosistem eSports

  • Valorant Champions Tour (VCT): Riot Games mengumumkan Valorant Champions Tour pada November 2020, sebuah rangkaian kompetisi global yang mencakup berbagai turnamen regional dan internasional.
  • Masters dan Champions: VCT terdiri dari tahap Masters dan Champions, dengan tim terbaik dari seluruh dunia bersaing untuk menjadi juara global. Turnamen ini membantu mempopulerkan Valorant di kalangan pemain dan penonton eSports.
  • Popularitas eSports: Valorant dengan cepat menjadi salah satu eSports utama, dengan banyak tim profesional dan organisasi eSports besar berinvestasi dalam game ini.

Komunitas dan Ekspansi Media

  • Komunitas Aktif: Riot Games aktif berinteraksi dengan komunitas pemain melalui media sosial, forum, dan update developer untuk memastikan bahwa feedback pemain didengar dan diimplementasikan.
  • Ekspansi ke Media Lain: Riot Games juga berencana untuk memperluas lore dan cerita di balik Valorant melalui berbagai media, termasuk komik, animasi, dan konten digital lainnya.

Kesimpulan

Dari pengumumannya sebagai “Proyek A” hingga menjadi salah satu game FPS taktis paling populer di dunia, Valorant telah menunjukkan perkembangan yang luar biasa. Dengan dukungan berkelanjutan dari Riot Games, pembaruan konten reguler, dan ekosistem eSports yang berkembang pesat, Valorant terus menarik pemain baru dan mempertahankan basis pemain yang setia. Kombinasi gameplay taktis yang mendalam, karakter yang unik, dan kompetisi yang ketat membuat Valorant menjadi salah satu game paling menarik dan inovatif dalam genre FPS saat ini.

Tentang Penulis

admin2